RPP Al-Qur'an Hadis Berkarakter

on Kamis, 07 Maret 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                              : SD Negeri 9 Tanah Luas
Mata Pelajaran                   : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                : IV / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu                    : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
1.  Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

B.       Kompetensi Dasar
1.1           Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyirah secara benar dan fasih

C.       INDIKATOR
§  Melafalkan tiap ayat dari surat Al-‘Adiyat
§  Membaca tiap ayat surat Al-‘Adiyat
§  Membaca surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan
§  Melafalkan tiap ayat dari surat Al- Insyiroh
§  Membaca tiap ayat surat Al- Insyiroh
§  Membaca surat Al- Insyiroh secara keseluruhan

D.       MATERI PELAJARAN
§   Surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah

E.        METODE PEMBELAJARAN
§   Drill
§   Imla’
§   Demonstrasi

F.            LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pertemuan I:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§  Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.


Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Adiyat dengan benar
§  Siswa memberi tanggapan terhadap bacaan guru (Eksploasi).
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyat seperti yang dicntohkan guru (Eksplorasi).
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat secara benar (Elaborasi)
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat Al Adiyat kemudian siswa  melanjutkannya (Elaborasi).
§  Siswa menuliskan surat al Adiyat secara benar dan rapi.  

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
5 Menit





60 Menit









5 Menit


2.
Pertemuan II:
Pendahuluan
§   Memberikan kembali motivasi betapa pentingnya  belajar al    Qur’an.
§  Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan surat al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Insyiraah dengan benar. (eksplorasi)
§  Siswa mengomentari bacaan yang telah dilakukan guru (Eksplorasi).
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Insyiraah seperti yang dicntohkan guru (Elaborasi)
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Insyiraah secara benar (Elaborasi)
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya.
§  Siswa menuliskan surat al Insyiraah secara benar dan rapi. (konfirmasi) 

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
5 Menit







60 Menit








5 Menit



                        
3.
Pertemuan III:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§   Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan  surat al Adiyat dan  al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati  penjelasan tenang kandungan surat al Adiyat dan al Insyiraah dengan benar (Eksplorasi)
§  Siswa menanggapi penjelasan yang disampaikan guru ((Elaborasi)
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyal dan al Insyiraah yang telah dihafalnya (Elaborasi)
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat dan  al Insyiraah secara benar (Elaborasi).
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Adiyat  dan al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya.
§  Siswa menuliskan salah satu ayat dari surat al Adiyat atau al Insyiraah dengan huruf kaligrafi  

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis kaligrafi dengan rapi dan benar.

5 Menit





60 Menit











5 Menit



G.           MEDIA / SUMBER
§  Kaset VCD al-Qur’an
§  Qori’

H.           PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan tiap ayat dari surat Al-‘Adiyat
§  Membaca tiap ayat surat Al-‘Adiyat
§  Membaca surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan
§  Melafalkan tiap ayat dari surat Al- Insyiroh
§  Membaca tiap ayat surat Al- Insyiroh
§  Membaca surat Al- Insyiroh secara keseluruhan
Tes lisan

Tes tulis
 

Unjuk kerja
§  Sebutkan surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan!

§  Sebutkan surat Al- Insyiroh secara keseluruhan!





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                              : SD Negeri 9 Tanah Luas
Mata Pelajaran                   : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                : IV /I (Ganjil)
Alokasi Waktu                    : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
1.     Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

B.       Kompetensi Dasar
1.2      Menghafalkan surat al-‘Adiyat secara benar dan fasih

C.       Indikator
§      Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat ‘Al-‘Adiyat tanpa melihat Al-Qur’an
§      Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Adiyat dibaca secara acak
§      Menghafal surat al-‘Adiyat
§      Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat ‘Al-Insyirah tanpa melihat Al-Qur’an
§      Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-Insyirah dibaca secara acak
§      Menghafal surat al-Insyirah secara benar dan fasih

D.           MATERI PELAJARAN
§  Surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah

E.            METODE PEMBELAJARAN
§  Drill
§  Imla’
§  Demonstrasi

F.            LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pertemuan I:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§  Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.

Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Adiyat dengan benar
§  Siswa memberi tanggapan terhadap bacaan guru (Eksploasi).
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyat seperti yang dicntohkan guru (Eksplorasi).
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat secara benar (Elaborasi)
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat Al Adiyat kemudian siswa  melanjutkannya (Elaborasi).
§  Siswa menuliskan surat al Adiyat secara benar dan rapi.  
Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit






60 Menit









5 Menit


2.
Pertemuan II:
Pendahuluan
§   Memberikan kembali motivasi betapa pentingnya  belajar al    Qur’an.
§  Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan surat al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Insyiraah dengan benar. (eksplorasi)
§  Siswa mengomentari bacaan yang telah dilakukan guru (Eksplorasi).
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Insyiraah seperti yang dicntohkan guru (Elaborasi)
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Insyiraah secara benar (Elaborasi)
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya.
§  Siswa menuliskan surat al Insyiraah secara benar dan rapi. (konfirmasi) 
Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit







60 Menit








5 Menit



                        
3.
Pertemuan III:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§   Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan  surat al Adiyat dan  al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati  penjelasan tenang kandungan surat al Adiyat dan al Insyiraah dengan benar (Eksplorasi)
§  Siswa menanggapi penjelasan yang disampaikan guru ((Elaborasi)
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyal dan al Insyiraah yang telah dihafalnya (Elaborasi)
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat dan  al Insyiraah secara benar (Elaborasi).
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Adiyat  dan al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya.
§  Siswa menuliskan salah satu ayat dari surat al Adiyat atau al Insyiraah dengan huruf kaligrafi  
Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis kaligrafi dengan rapi dan benar.

5 Menit





60 Menit











5 Menit




G.           MEDIA / SUMBER
§  Kaset VCD al-Qur’an
§  Qori’

H.           PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat ‘Al-‘Adiyat tanpa melihat Al-Qur’an
§  Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Adiyat dibaca secara acak
§  Menghafal surat al-‘Adiyat
§  Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat ‘Al-Insyirah tanpa melihat Al-Qur’an
§  Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-Insyirah dibaca secara acak
§  Menghafal surat al-Insyirah secara benar dan fasih
Tes lisan

Tes tulis
 

Unjuk kerja
§  Sebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Adiyat dibaca secara acak!

§  Sebutkan nomor ayat ketika surat al-Insyirah dibaca secara acak!






Mengetahui
Kepala SD Negeri 9 Tanah Luas



NURAIDAH, S. Pd
NIP. 19710101 199110 2 001


Gampong Tutong,                       20
            Guru Bidang Studi Al-qur’an Hadits




            BUDIMANSYAH, A. Ma
     NIP. 19561231 1198610 1 004





0 komentar :

Poskan Komentar

Silahkan Beri Komentar Anda